Kemudahan yang Ditawarkan Jasa Perbankan

15 May 2017 11:34 Financial Super Administrator

Uang, sebagai alat tukar utama bagi manusia makin menjadi unggul dibanding dengan kebutuhan lainnya. Memang, uang tidak bisa dimakan, dipakai, atau bahkan dinikmati keindahannya, tapi dengan uang kita bisa memenuhi segala kebutuhan kita mulai dari makan, hingga kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Semakin berkembangnya kebutuhan manusia, menimbulkan perkembangan teknologi keuangan yang menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi. Setelah masyarakat berbondong-bondong memiliki kartu ATM sebagai alat praktis bertransaksi, kini hadir jasa perbankan lainnya yang tentu bertujuan untuk semakin memudahkan. Kemudahan itu berupa metode-metode transaksi baru yang berbasis elektronik. Metode tersebut di antaranya adalah e-Banking, m-Banking, rekening giro, rekening deposito, dan e-money.

Melihat fenomena tersebut, Inside.ID melakukan riset terhadap 693 responden mengenai penggunaan jasa-jasa perbankan. Berdasarkan hasil riset, penggunaan e-Banking adalah yang paling banyak dengan persentase sebesar 58%. Kemudian dilanjut dengan layanan m-Banking sebanyak 50%, kartu e-money sebanyak 30%, rekening deposito 10%, dan terakhir rekening giro sebanyak 4%. Sedangkan sebanyak 14% responden mengaku tidak menggunakan jasa apa-apa.

Melihat hasil riset di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa jasa perbankan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah e-Banking dan m-Banking. Lalu, bagaimanakah penggunaan kedua jasa tersebut?

Penggunaan e-Banking yang paling banyak adalah saat melakukan transfer ke rekening lain dengan bank yang sama (89%), memeriksa saldo rekening (78%), membeli pulsa handphone (70%), dan transfer uang ke rekening lain dengan bank berbeda (70%). Sedangkan untuk penggunaan m-Banking yang paling sering adalah saat melakukan transfer ke rekening lain dengan bank yang sama (73%), memeriksa saldo rekening (72%), transfer uang ke rekening lain dengan bank berbeda (56%), dan membeli pulsa handphone (51%).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-Banking dan m-Banking yang paling tinggi adalah untuk memeriksa saldo rekening dan juga melakukan transfer uang ke rekening lain. Sedankan secara keseluruhan, layanan e-Banking lebih banyak digunakan dalam berbagai kegiatan transaksi. Hal ini mungkin disebabkan kemudahan layanan e-Banking lebih aman dan tidak terpaku pada satu media handphone saja seperti m-Banking.

Untuk laporan riset selengkapnya, hubungi kami. Kemudahan yang Ditawarkan Jasa Perbankan