Pemutar Musik Favorit, Handphone Mengalahkan iPod dan Compo

08 May 2017 10:09 Teknologi Super Administrator

Banyak cara untuk mendengarkan musik, entah itu dengan menggunakan mini compo, laptop, hingga yang dianggap paling anti-mainstream di kalangan hipster saat ini seperti turntable untuk memutar vinyl alias piringan hitam. Tapi dengan gaya hidup yang membutuhkan mobilitas tinggi seperti sekarang, apakah perangkat-perangkat tersebut masih relevan?

Sebenarnya, perangkat music player seperti iPod dan Walkman bisa jadi perangkat yang paling direkomendasikan untuk mendengarkan musik. Tapi mungkin hal ini berlaku untuk 3-5 tahun ke belakang, di mana handphone masih digunakan sekedar untuk mengirim SMS dan menelpon.

Seiring berkembangnya zaman, handphone saat ini seolah diciptakan untuk memenuhi seluruh tuntutan kehidupan penggunanya. Dengan banyaknya para pencinta musik, tak mengherankan jika pemutar musik menjadi fitur multimedia terpenting dari handphone saat ini, di samping kamera.

Itulah kenapa sebanyak 35% dari 260 responden yang disurvei Inside ID pada Maret lalu menempatkan handphone atau smartphone sebagai perangkat pilihan untuk mendengarkan atau memutar musik, berbanding 9% lebih tinggi dari portable media player. Sementara untuk posisi yang paling kecil--bisa dibilang mulai ditinggalkan--adalah non-portable media player seperti mini compo, Hi-Fi, dan turntable.

Dipilihnya handphone sebagai perangkat terfavorit tentunya tidak lepas dari portabilitasnya yang tinggi, di samping memiliki fitur hibrida yang memungkinkan untuk menjadi pemutar musik di samping fungsi utamanya sebagai perangkat telekomunikasi. Popularitasnya yang lebih tinggi dibandingkan portable music player tentu karena zaman sekarang orang tidak mau repot harus membawa banyak gadget di saku atau tasnya. Jadi, cukup dengan handphone saja, fungsi music player sudah bisa didapatkan.

Lalu bagaimana dengan media non-portable seperti compo dan Hi-Fi? Perangkat ini memang tidak akan mati seluruhnya, karena memang bukan difungsikan untuk mendukung mobilitas pengguna dalam mendengarkan musik.

Dari sisi penjualan, bisa dibilang eksistensinya belum tergusur sekalipun harga jualnya yang terbilang masih selangit.

Bahkan, perangkat jadul turntable seperti Gramophone kembali banyak dicari dengan harga tinggi. Hal ini bisa dilihat dengan fenomena maraknya kembali penjualan vinyl yang mulai merambah hingga ke pasar (Santa). Pemutar Musik Favorit, Handphone Mengalahkan iPod dan Compo