Artikel

Penulis ,
Sebagai masyarakat modern yang penuh dengan aktivitas, tak bisa kita pungkiri bahwa transportasi merupakan alat penunjang yang paling dibutuhkan sebagai sarana mobilitas utama. Dalam sejarahnya, perkembangan transportasi diawali dengan perjalanan jauh berjalan kaki pada zaman Paleolithic. Kemudian barulah transportasi berevolusi secara perlahan. Seperti yang dilansir oleh wikibooks.org, transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar tahun 3500 SM.


Seiring dengan kebutuhan masyarakat itulah, maka muncul berbagai transportasi-umum-modern yang menawarkan berbagai fasilitas. Sebuah transportasi bisa dikatakan modern ketika ia hadir dengan motor penggerak, bahan bakar, teknologi, serta hal lainnya yang lebih baik. Angkutan umum modern yang kini menjadi andalan masyarakat salah satunya adalah angkutan umum yang menawarkan kecepetan dan kenyamanan yang tidak didapatkan dari transportasi-transportasi umum lainnya.
Trasportasi-umum-modern seperti apakah yang dimaksud?
Pada bulan November 2015, Inside.ID melakukan sebuah penelitian terhadap beberapa responden. Dari penelitian itu menghasilkan setidaknya lima moda transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat.
Pertama, Blue Bird Grup. Blue Bird Grup erupakan sebuah perusahaan transportasi asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1972. Blue Bird menjadi pelopor pengenaan tarif taksi berdasarkan sistem argo, serta melengkapi armadanya dengan fasilitas AC dan radio komunikasi.
Kedua, Express Grup. Express Grup merupakan perusahaan transportasi Taxi yang berdiri sejak tahun 1981 dan mulai beroperasi secara komersil sejak tahun 1989. Express Group saat ini menduduki posisi kedua terbesar operator taksi di Indonesia.
Ketiga, Uber. Uber merupakan penyedia jasa taksi premiun di mancanegara. Berbeda dengan Blue Bird dan Express Group, Uber tidak memiliki armada taksi sendiri, mereka hanya mempekerjakan pengendara yang telah memiliki mobil sesuai dengan kriteria Uber. Uber hanya menyediakan platform agar pengguna dapat memesan jasa taksi dan limosin secara cepat melalui website serta aplikasi smartphone di iOS dan Android.
Keempat, Grabtaxi. Grabtaxi digadang-gadang sebagai moda transportasi yang memiliki inovasi kemudahan booking taxi aman, cepat, dan nyaman. Sistem kerja dari Grabtaxi sendiri umunnya tidak jauh berbeda dengan Uber. Melalui aplikasinya kita bisa memesan moda transportasi yang satu ini. Hanya bedanya, Grabtaxi tidak hanya menyediakan taksi saja, kita juga bisa memilih untuk naik mobil (Grabcar) atau dengan angkutan sepeda motor (Grabbike).
Kelima, Gojek. Gojek merupakan layanan ojek online yang dikelola oleh PT. Go-jek Indonesia. Gojek didirikan pada tahun 2011 oleh seorang pemuda Indonesia. Saat ini Gojek sudah beroperasi hampir di seluruh wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Sistem kerjanya sama seperti Uber dan Grabtaxi, yakni memesan menggunakan aplikasi online. Bedanya, Gojek tidak memiliki moda transportasi taxi atau mobil. Tetapi ia hadir dengan berbagai inovasi jasa seperti jasa antar Go-Send, Go-Food, Go-Box, Go-Busway, dan sebagainya.
Nah setelah kita mengetahui kelima moda transportasi umum modern tersebut, selanjutnya kita simak kapan sajakah moda transportasi tersebut digunakan masyarakat.


Saat memiliki aktivitas yang padat, Gojek menjadi pilihan utama di antara kelima moda transportasi tersebut. Kecepatan yang bisa ditempuh oleh sepeda motor dan mudah terhindar dari kemacetan inilah yang menjadi pertimbangan bagi para penumpang. Sehingga dengan menggunakan jasa Gojek, masyarakat bisa lebih menghemat waktu. Setelah Gojek, pilihan berikutnya jatuh pada Blue Bird Taxi, kemudian Express Group, Uber, baru yang terakhir adalah Grabtaxi.
Saat cuaca hari sedang panas, Uber menjadi pilihan utama para penumpang. Kenyamanan serta fasilitas mobil yang cukup baik menjadi pilihan ketika harus menjalani hari yang panas. Pilihan kedua jatuh pada Grabtaxi, kemudian Blue Bird, Express Taxi, dan terakhir jatuh pada Gojek.
Saat ingin menuju bandara, Blue Bird menjadi pilihan utama. Setelah itu Uber, Grabtaxi, Express Taxi, dan terakhir adalah Gojek. Hal ini disebabkan karena Blue Bird sudah dikenal sebagai layanan transportasi yang tepat waktu. Ketika kita hendak bepergian menggunakan pesawat terbang, kita tidak ingin tertinggal penerbangan. Oleh karena itu, layanan order Blue Bird, yang bisa dipesan sesuai waktu pergi, menjadi andalan. Dalam hal ini, kepercayaan dan integritas Blue Bird menjadi yang teratas.
Saat pergi menuju mal atau hotel, pilihan utama para penumpang adalah Uber dan pilihan selanjutnya adalah Grabtaxi. Hal tersebut terjadi karena menggunakan mobil pribadi seperti yang disediakan oleh Uber dan Grabtaxi lebih bergengsi dibandingkan dengan menggunakan Blue Bird atau Express Taxi. Selain itu daya tampung yang lebih banyak menjadi kelebihan lainnya bagi mereka yang menuju mal atau hotel bersana kerabat atau keluarga.
Terakhir, saat pergi dari hotel atau mal. Pilihan pertama jatuh pada Blue Bird yang disusul dengan Express Taxi. Hal ini disebabkan karena kedua moda tersebut lebih mudah ditemukan dan biasanya sudah tersedia di depan mal-mal dan hotel. Pilihan berikutnya jatuh pada Uber, Grabtaxi, dan Gojek.
Setiap transportasi umum modern di atas memiliki kelebihan masing-masing yang berhasil memikat hati para penumpangnya. Kelebihan-kelebihan serta fasilitas-fasilitas tersebut lah yang akhirnya membuat masyarakat lebih memilih transportasi-umum-modern dibanding transportasi umum lainnya. Berdasarkan hasil riset, ditemukan brand image atau citraan merek yang berbeda di tiap angkutan umum tersebut.

  1. Blue Bird Group
Blue Bird memiliki tiga brand image atau citraan merk bagi para konsumennya; terpercaya, tepat waktu, dan ketersediaan. Masyarakat percaya bahwa Blue Bird memiliki keamanan yang baik apalagi bagi penumpang yang melakikan perjalanan seorang diri. Ketepatan waktu juga menjadi keunggulan Blue Bird ketika penumpang memesan melalui telepon maupun aplikasi. Kemudian yang terakhir adalah ketersediaan Blue Bird yang mudah ditemukan di manapun.
  1. Uber
Uber memiliki empat citraan yakni; inovatif, terjangkau, kebanggaan, dan kualitas. Uber hadir dengan inovasi teknologi yang memudahkan penumpang untuk memesannya melalui aplikasi online, sehingga tidak perlu membuat penumpang mencarinya di jalan raya. Uber juga menawarkan harga terjangkau yang lebih murah dibandingkan dengan taksi reguler. Penumpang juga merasa bangga ketika menaiki mobil biasa dibandingkan dengan taksi. Selain itu mobil pribadi yang dijadikan moda Uber ini memiliki kenyamanan yang tak diragukan lagi.
  1. Grabtaxi
Brand Image yang dimiliki Grabtaxi ada tiga, yakni; inovatif, bersahabat, dan beekualitas. Inovatif dengan berbagai kemudahan aplikasi onlinenya, bersahabat dengan penumpang karena menawarkan berbagai pilihan, serta berkualitas tinggi dalam menyediakan moda transportasi yang membuat penumpang merasa nyaman.
  1. Gojek
Gojek memiliki dua brand image; cepat dan terjangkau. Gojek merupakan alternatif yang tepat saat menjalani keseharian yang padat. Selain itu harga yang ditawarkan Gojek pun sangat terjangkau terutama bagi para mahasiswa. Apalagi ketika Gojek menawarkan promo-promo yang sangat menggiurkan seperti promo ?ke mana saja sepuluh ribu?.
Nah, bagaimana sahabat? Moda transportasi modern manakah yang menjadi andalan kalian?