Artikel

Penulis ,
Pria dan wanita sejatinya adalah dua insan yang memiliki segudang perbedaan. Mulai dari segi fisik, perasaan, sampai dengan hobi. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan pria dan wanita dalam hal segmen berita yang diminati.
Pernahkah Anda melihat wanita membaca berita bola? Rasanya itu hal yang sangat jarang ditemui ya, meskipun ada mungkin jumlahnya sangat sedikit. Begitu juga dengan berita otomotif yang terkesan maskulin, umumnya lebih banyak digandrungi oleh para pria.
Riset yang dilakukan oleh Inside.ID terhadap 273 responden di seluruh Indonesia pada bulan Maret-Mei lalu, menemukan perbedaan-perbedaan yang mencolok soal segmen berita apa yang diminati oleh para pria dan wanita. Pria lebih senang membaca berita-berita yang ?berat? dan terkesan maskulin. Sedangkan wanita lebih menyenangi bacaan-bacaan ?ringan?. Hal itu bisa kita lihat berdasarkan grafik di bawah ini:


Segmen berita politik merupakan segmen yang paling diminati dengan perolehan persentase sebesar 62%. Namun segmen ini didominasi oleh pria. 7 dari 10 pria mengatakan bahwa mereka selalu membaca berita politik. Di samping itu segmen berita ekonomi, teknologi, olahraga, dan otomotif juga lebih disukai pria dibandingkan dengan wanita. Wanita umumnya menyukai berita-berita mengenai pariwisata dan kesehatan. Selain itu ternyata sebanyak 35% wanita senang membaca ulasan film dan jadwal tayangnya. Wah, sepertinya wanita lebih memilih bacaan-bacaan yang terkesan lebih santai ya.
Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut Frank Biocca, seorang pakar komunikasi massa, preferensi membaca dipengaruhi oleh motif dari pembacanya. Preferensi ini akan menyeleksi hal-hal yang mendukung keyakinannya dalam memilih informasi yang menarik minat mereka. Hal itu juga sejalan dengan pemikiran McQuail, seorang pakar komunikasi, yang beranggapan bahwa dalam memilih konten berita, pembaca sangat erat dengan identitas demografis seperti usia, jenis kelamin, dan faktor-faktor psikologis. Nah, itulah yang menyebabkan bahwa pria lebih menyenangi bacaan-bacaan yang bersifat maskulin dan wanita lebih menyenangi berita yang bersifat feminim, seperti kecantikan dan fashion.
Faktor-faktor psikologis yang berdampak pada pemilihan konten berita ini salah satunya bisa disebabkan karena alasan di balik membaca berita itu sendiri. Berikut riset yang dilakukan Inside.ID mengenai alasan membaca berita:


Berdasarkan hasil riset di atas, alasan membaca berita umumnya adalah untuk mengetahui kabar terbaru mengenai sesuatu. Hal itu menjadi alasan terbesar bagi 85% pria dan 74% wanita.
Di samping itu juga ada hal menarik yang Inside.ID temukan. Sebanyak 6% pria memiliki alasan untuk mencari bahan diskusi atau obrolan dengan rekannya. Sedangkan sebanyak 15% wanita membaca berita hanya untuk sekadar menghabiskan waktu luang saja loh. Itulah sebabnya para wanita lebih menyenangi bacaan yang santai. Tetapi meskipun sekadar membaca berita ringan, pemanfaatan waktu luang yang cukup produktif ini patut diacungi jempol. Bagaimana dengan pemanfaatan waktu luang Anda?