Artikel

Penulis ,
Sebagai makhluk yang bersifat sosial, bagi manusia membaca berita merupakan salah satu jalan tercepat dalam proses ?berinteraksi? dengan dunia. Riset yang dilakukan oleh Inside.ID membuktikan bahwa 8 dari 10 orang membaca berita setiap harinya. Nampaknya kebutuhan untuk membaca berita bisa dikategorikan sebagai kebutuhan primer ya. Berikut hasil risetnya:


Kebutuhan terhadap berita itu sendiri juga didukung oleh banyaknya media-media penyaji berita. Kini, untuk mendapatkan sebuah berita tak hanya terbatas pada lembaran-lembaran koran saja seperti pada masa lampau. Sebagai salah satu media berita yang sangat historikal itu, ternyata koran bukan lagi pusat berita teratas yang diincar oleh masyarakat. Kehadirannya lambat laun mulai terasing dan juga mulai tersaingi oleh media-media online penyaji berita yang tak kalah up to date. Terbukti dari hasil riset yang dilakukan oleh Inside.ID terhadap 273 responden di seluruh Indonesia pada Maret-Mei lalu yang bisa dilihat dalam grafik berikut ini:


Media-media online seperti internet, media sosial, dan koran/majalah elektronik menjadi sumber berita teratas yang digemari oleh masyarakat. Namun nampaknya kalangan wanita lebih senang membaca berita online. Terbukti dari hasil riset yang menunjukkan bahwa 94% wanita menggunakan internet dan 89% menggunakan media sosial sebagai media untuk mendapatkan berita.
Namun, meskipun begitu, bukan berarti tradisi membaca koran sambil minum kopi sudah tidak zaman lagi. Terbukti dari hasil riset yang menunjukkan bahwa para pria lebih senang membaca koran dibandingkan wanita. Selain itu, banyak di antara pria yang membaca koran sambil minum kopi atau teh. Ternyata tradisi membalik lembar demi lembar sambil menyeruput teh/kopi itu masih belum ditinggalkan loh.