Artikel

Penulis ,
Selama ini game, entah itu yang dimainkan secara online maupun melalui konsol, disebut-sebut sebagai mainannya kaum pria. Tapi tidak begitu dengan hasil survei yang dilakukan Inside ID.
Ya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada bulan Maret lalu terhadap 248 responden, terungkap bahwa justru kaum wanita cenderung lebih gemar bermain game dibandingkan pria. Tentu ini sebuah fakta yang mengejutkan mengingat dari genre dan tipe game yang kebanyakan beredar justru seperti lebih diperuntukkan bagi pria.
Jika melihat informasi yang dilansir Tech Time mengenai game terlaris sepanjang masa untuk berbagai platform, terdapat nama-nama seperti Call of Duty: Modern Warfare, Grand Theft Auto, Halo 3, dan World of Wardcraft yang menawarkan banyak aksi kekerasan dan peperangan, di samping game 'cupu' seperti Super Mario Brosdan Tetris.
Pada kenyataannya, dengan semakin banyaknya jenis game yang membanjiri berbagai platform seperti konsol, PC, dan mobile device, tampaknya industri game mulai ramah terhadap kaum wanita, setidaknya dari segi fleksibilitas waktu untuk memainkannya. Hal ini dibuktikan dari sebanyak 71% responden yang bermain game dalam 1 minggu terakhir. Dan di antara seluruh responden wanita, 75% mengakui bahwa mereka bermain game dalam 1 minggu terakhir.


Uniknya, kaum wanita yang menyempatkan diri bermain game dalam 1 minggu terakhir itu mayoritas berasal dari kalangan usia produktif, yakni 25-35 tahun. Di rentang usia seperti ini biasanya tingkat produktivitas kaum wanita sedang tinggi-tingginya baik itu terkait rumah tangga maupun urusan pekerjaan kantor. Dengan adanya fakta di atas bisa disimpulkan bahwa game ini sepertinya menjadi solusi mereka dalam mengisi waktu luang atau mengusir kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Untuk genre yang menjadi favorit, game strategi menjadi yang paling banyak dipilih, baik itu dari kalangan pria maupun wanita dengan persentase di atas 50%, disusul genre petualangan dan olahraga. Yang mencengangkan, game genre ini paling banyak diminati oleh kaum senior usia 45-54 tahun dengan persentase mencapai 80%.
Nah, bagaimana dengan kamu sendiri? Kapan terakhir kali bermain game dan genre apa yang paling kamu suka?